Jumat, 16 Desember 2011

JANGAN SELALU SALAHKAN PEMERINTAH


Masalah Bangsa Indonesia akhir-akhir ini, mulai dari kasus century, BLBI, Mafia Pajak, dan lain-lain tidak terasa banyak menyita perhatian publik. Ditambah lagi dengan begitu gencarnya media mempublikasikan masalah ini kepada khlayak publik. Sehingga menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk dibicarakan, bahkan sampai menjadi opini tersendiri ditengah-tengah publik.
Hal ini tentunya berimplikasi terhadap persepsi publik dalam hal ini masyarakat, baik persepsi ini baik maupun buruk. Secara baik dampak dari tebukanya informasi tentang masalah Bangsa ini terhadap masyarakat adalah menjadi tahunya masyarakat terhadap masalah yang dihadapi bangsa ini. Walaupun, entah masyarakat faham akan bahasa media yang cenderung direkayasa atau tidak.
Akan tetapi, pemberian informasi oleh media terhadap masalah ini juga memiliki dampak buruk. Salah satu dampak buruk yang ditimbulkan adalah menjadi marahnya atau tidak percayanya masyarakat terhadap pemerintah, dan cenderung menggeneralisir semua yang ada di pemerintahan adalah sama. Hal ini tidak salah, karena masyarakat berhak atas hak untuk menentut terhadap pemerintah yang merupakan wakil dari masyarakat.
Terlepas dari pengaruh media yang memberikan dampak yang begitu signifikan terhadap perubahan opini dan tingkah laku masyarakat, ada hal yang menarik untuk dicermati yaitu bagaimana masyarakat merespon setiap masalah yang diberitakan oleh media. Salah satu cara masyarakat merespon masalah adalah cenderung menyalahkan dan tidak memberikan solusi.
Cara merespon dengan cenderung menyalahkan inilah yang kemudian selalu terbangun dimasyarakat. Mereka memandang bahwa pemerintahlah yang menjadi penyebab utama segala masalah yang ada di Bangsa ini. Tanpa memperdulikan dan mempertanyakan, siapa sebenarnya yang memilih pemerintah tersebut yang tidak lain adalah masyarakat. Atau dengan kata lain, seperti apa pemimpin atau pemerintah sekarang maka seperti itulah masyarakat. Tanpa memberikan peran signifikan yang menjadi solusi buat masalah-masalah yang ada.
Hal ini lah yang kurang disadari masyarakat. Masyarakat sekarang sangat kurang partisipasi mereka dalam penyelesaian masalah bangsa ini. Padahal dalam iklim Demokrasi sekarang, partisipasi masyarakat menjadi sangat penting untuk mengawal perubahan serta penyelesaian setiap masalah. Oleh karena itu jangan selalu salahkan pemerintah ketika ada masalah di Bangsa ini. Salahkan juga masyarakat yang tidak berpartisipasi dalam mengurus negaranya. Karena sejatinya pemerintah adalah representasi dari masyarakat, kalau pemerintah itu buruk, maka buruk juga suatu masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar