Senin, 15 April 2013

Ada Eksploitasi Anak di Acara TV

juraghandesain.com (tanda silang dibuat penulis)

Kemarin (14/04/2013) saat makan siang di salah satu warung belakang kampus, diiringi hujan yang turun begitu deras, dan juga ditemani salah satu acara dibalik layar TV. Ada satu hal menarik ketika menyaksikan acara TV itu, teman yang juga ikut makan siang bersama meyeletup dengan nada agak geram “Ini ekspolitasi anak-anak namanya”.

            Memang saat itu yang sedang ditonton ialah acara atau program TV dengan menampilkan anak-anak sebagai peserta dengan tagline acara Little Miss Indonesia. Dalam acara tersebut anak-anak yang belum puluhan tahun itu disuruh untuk unjuk kemampuan yang mereka miliki, dari tarik suara sampai main musik. Juga untuk memoles penampilan mereka, para orang tua memformat pekaian anak-anaknya dengan penampilan ala masa kini. Dan tak jarang, maaf!, memakaikan pakaian yang menonjolkan bagian tubuh yang seharusnya diajarkan oleh orang tua untuk ditutup.

            Acara semacam ini sebenarnya sejak lama sudah beredar di stasiun-stasiun TV. Tetapi terkadang jarang disadari masyarakat, bahwa sebenarnya acara semacam ini berdampak amoralisasi jangka panjang pada anak. Betapa tidak, anak-anak yang masih belia seperti itu seharusnya di didik lebih matang agar menjadi penerus bangsa oleh orang tuanya “dipaksa” untuk ikut kompetisi yang tentunya secara tidak langsung menyita waktu anak-anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai lingkungannya.

            Selain itu, mungkin patut disadari ialah, acara semacam lebih menguntungkan pemilik TV daripada masyarakat secara umum. Bisa dihitung berapa kemudian nominal rupiah yang masuk ke kantong pemilik TV dari iklan pada program acara tersebut. Tidak perlu dibuktikan disini, toh orang-orang umumnya juga sudah sangat mafhum dengan hal ini. Tentunya sebagai masyarakat biasa kita juga bertanya-tanya, ada ya acara semacam ini?
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar