Kamis, 28 April 2011

NII dan Keresahan Umat

Belakangan ini bangsa Indonesia sering dikagetkan oleh berbagai kejadian yang tidak hanya menyibukkan para pemerintah bangsa ini, tetapi juga telah menimbulkan berbagai macam keresahan dimasyarakat. Bahkan tidak hanya masyarakat awam saja yang resah dengan adanya kejadian ini, tetapi juga masyarakat yang berpendidikan seperti mahasiswa. Masyarakat seakan-akan dihantui oleh perasaan takut untuk melaksanakan kegiatan yang berbau keagamaan, karena takut disangkut pautkan dengan kejadian ini. Kejadian ini sungguh benar-benar telah meresahkan masyarakat. Kejadian ini tidak lain adalah munculnya kelompok yang berpaham untuk mendirikan negara Islam dalam negara Indonesia ini, yang kemudian kita kenal nama kelompok ini dengan nama Negara Islam Indonesia.
Ditambah lagi dengan pemberitaan media yang seakan lebai dalam memberitakan kejadian ini, sehingga menambah resah masyarakat yang melihat kejadian ini. Namun, sebagai masyarakat kita tidak bisa membiarkan kejadian ini semakin larut dan malah menambah keresahan. Secepatnya diungkap apa motif dari munculnya paham seperti ini. Apakah memang benar paham seperti ini muncul karena adanya kesalahan pemahaman terhadap agama islam yang universal ini. Ataukah paham ini muncul karena ada oknum yang tidak bertanggung jawab, yang sengaja menyeting kejadian ini untuk menyudutkan dan memperparah citra agama islam dimata internasional. Sehingga seolah-olah agama islam adalah agama yang tidak mentorelir perbedaan yang selama ini ada dinegara ini.
Kalau alasannya karena tejadi kesalahan pemahaman dalam memandang agama islam, maka pemerintah dalam hal ini Departemen Agama seharusnya segera berdiskusi dengan pihak terkait dan menghimbau untuk tidak menyebarkan paham seperti ini lagi karena dapat meresahkan masyarakat. Akan tetapi kalau alasannya karena ada oknum yang sengaja menyeting kejadian ini untuk menyudutkan agama islam, maka secepatnya pemerintah mengusut tuntas siapa dalang sebenarnya dari kejadian ini. Dan memberikan sanksi yang sepantasnya atas perbuatan tersebut.
Namun, untuk mencari siapa dalang tersebut memang disadari tidaklah mudah, maka dari itu pemerintah harus bekerja dengan sungguh-sungguh untuk mengusut kejadian ini. Pemerintah pun harus sadar bahwa kejadian ini tidak hanya meresahkan masyarakat tetapi juga akan merusak kedaulatan negara ini. Tapi kalau pemerintah seakan tidak peduli dan ”absen” dalam menuntaskan kejadian ini, maka kejadian-kejadian semacam ini akan terus bermunculan dan selalu akan meresahkan masyarakat.
Selain pemerintah yang harus bertanggungjawab dalam menustaskan kejadian ini masyarakat pun harus ikut berpartisipasi. Karena yang merasakan langsung dampak kejadian ini adalah masyarakat. Sekarang saatnyalah masyarakat ikut berperan aktif dalam menuntaskan masalah dalam dalam negara ini dan tetap berpegang teguh pada koridor Hukum yang berlaku, dan tidak hanya membiarkan masalah-masalah yang terjadi diserahkan dan diselesaikan oleh pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar